Menulis sebagai Self-Healing Therapy ?

ADMIN - 22 DESEMBER 2020

 

Tahukah kalian?

Pada hakikatnya, kita semua terlahir sebagai penulis. Karena Pada dasarnya semua insan manusia terlahir dengan wujud yang sempurna dan juga di anugrahi akal pikiran oleh Tuhan YME, Namun Anugrah tersebut tidak akan berkembang jika tidak ada kemauan didalam diri untuk mengembangkannya. Jadi, jangan pernah berpikir lagi bahwa menulis hanya bakat yang dimiliki beberapa orang, itu pemikiran yang lama yang harus di ubah.

Faktanya, Menulis bisa sangat bermanfaat bagi kita, dan menulis bisa dijadikan terapi. Mengapa? Karena melalui kegiatan menulis, kita mampu mengeksplorasi perasaan. Kita mampu mengungkapkan apa apa yang terpendam dalam pikiran. Menulis itu ibarat kita sedang berbicara kepada diri kita. Saat otak terasa 'rumit', menulis bisa dijadikan terapi mengurai 'kerumitan itu'. Karena ada kalanya kita merasa kesulitan mengungkapkan sesuatu secara lisan.Dan cenderung menyimpan energi-energi negatif dalam diri kita. Namun, ketika kita mencoba menuliskannya, maka secara tidak langsung hal tersebut justru 'menyembuhkan'.

Yaa bisa diibaratkan kita sedang menguraikan benang-benang yang kusut ya.

Sebagian orang mungkin sudah terbiasa dengan menulis (bisa menulis puisi, cerita, artikel, esai dan lainnya), tapi ada juga yang masih belum terbiasa.

Tapi bukan berarti kamu tidak bisa ya guys !

Gak Usah khawatir, Menulis ekspresif bisa jadi solusi sebagai langkah awal supaya kamu terbiasa menulis. Menulis ekspresif ini adalah mengutarakan emosi yang sedang dirasakan saat itu. Kita tidak perlu memperhatikan aturan seperti tanda baca, ejaan, dan sebagainya. Dengan menuliskan segala kekesalan itu dapat membantu kita untuk melihat masalah dari sudut pandang yang lain. Selain itu, menulis dengan teknik ini membantu mengungkapkan perasaan yang meluap-luap tersebut bisa membuat hati kita lebih lega.

Mengutarakan apa yang kamu rasakan  juga bisa dilakukan dengan bentuk yang lain seperti membuat kata-kata motivasi, catatan mental, rasa syukur, hikmah yang didapat dan lainnya. Dengan begitu kita lebih mudah menerima sesuatu yang terjadi dengan lebih tenang, lebih gampang mengambil pelajaran dari hal-hal yang kita rasakan serta memandang sesuatu dari berbagai sudut pandang. Merangkai kata-kata sebagai terapi dan penyembuhan diri ini bisa dilakukan secara rutin setiap hari, selain ketika perasaan sedang berkecamuk. Hal ini dilakukan agar emosi kita tidak menumpuk, lebih banyak bersyukur, dan pikiran serta batin kita lebih harmonis.

Tahu nggak sih ? Dalam jangka panjang terapi  dengan menulis ini mampu mengurangi kadar stres, mempersingkat waktu perawatan di rumah sakit, mengurangi tekanan darah, meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, memperbaiki fungsi lever, paru-paru, meningkatkan mood dan mengurangi trauma.

Jika sudah terbiasa mulailah dengan menemukan kemampuan lebih mu, apakah dalam tulisanlebih condong menggunakan bahasa kiasan seperti puisi? bahasa formal tersusun sistematis seperti karya ilmiah?

Dan jika kamu sudah menemukan kemampuan menulismu, Maka Kembangkanlah karya tulisanmu dengan lebih memperhatikan sistematika dan unsur penulisan baik itu karya sastra atau pun karya ilmiah ya!

Langkah selanjutnya adalah menjadikan karya tulismu menjadi sebuah buku!

Imperial merupakan salah satu digital printing yang bisa Anda percaya untuk mencetak segala jenis Buku yang Anda butuhkan !

Kami menawarkan jasa cetak buku satuan berkualitas.Kamu hanya perlu mengirimkan Naskah isi buku, dan kemudian kami akan mencetaknya dengan kualitas yang tentunya tidak diragukan. kamu juga bisa menentukan sendiri material cetak mulai dari Cover hingga tahap finishing.

Dan kabar pentingnya, Di Imperial kamu bisa di cetak satuan, tanpa minimal halaman lho..Buruan Tunggu apa lagi !

Berita Terkini

JENIS KERTAS DAN PENGGUNAANNYA

Saat ini kertas masih sangat dibutuhkan dalam berbagai macam keperluan. Baik saa. Selengkapnya..

ADMIN - 17 JULI 2018
APA SIH MESIN BARU IMPERIAL - OCE VARIO PRINT 115 ?

Halo guys, Imperial Digital Printing barusan nambah mesin baru lho.. Nama mesi. Selengkapnya..

ADMIN - 14 JANUARI 2019

Video Kami