JENIS KERTAS DAN PENGGUNAANNYA

ADMIN - 17 JULI 2018

Saat ini kertas masih sangat dibutuhkan dalam berbagai macam keperluan. Baik saat nge-print tugas, hajatan keluarga, event sekolah / kampus, bahkan bungkusin kacang goreng pun sering ditemui bahannya menggunakan kertas. Rasanya kertas udah jadi salah satu yang cukup penting dalam segala aktifitas kita. Namun disadari atau tidak, kertas ternyata memiliki banyak jenis. Tiap jenisnya pun memiliki fungsi masing-masing yang ketika digunakan dengan pas, dapat meminimalisir biaya ketika mencetak sebuah karya ke dalam media kertas. Berikut ini penjelasan tentang jenis kertas dan juga fungsi penggunaannya.

1. HVS

HVS adalah singkatan dari Houtvrij Schrijfpapier (bahasa Belanda), yang artinya kertas tulis bebas serat kayu. Ini adalah kertas yang paling sering kita temui dalam setiap aktivitas sehari-hari. HVS adalah jenis kertas yang sering digunakan untuk nge-print tugas / fotocopy. Gramasi dari kertas HVS ini mulai dari 70gr, 80gr, hingga 100gr. Ukuran yang biasanya tersedia adalah A4, F4, Folio dan juga A3.

2. Art Paper / Matte Paper

Art Paper merupakan kertas dengan permukaan licin dan mengkilap. Berbeda dengan Matte Paper yang sedikit doff. Kedua kertas ini biasanya digunakan untuk keperluan promosi misal brosur, sampul buku / majalah, dan juga kalender. Gramasi Art / Matte Paper pada umumnya adalah 85gr, 100gr, 115gr, 120gr, dan 150gr.

3. Ivory

Ivory merupakan salah satu jenis yang paling sering ditemui ketika mencetak di tempat digital printing. Ivory memiliki satu sisi dengan tekstur licin dan sisi yang lain tanpa coating. Kertas ini biasanya digunakan untuk poster, kartu nama, buku agenda dan juga biasa digunakan untuk kemasan produk makanan seperti papertray atau box kebab. Karakteristiknya cukup tebal dengan gramasi mulai dari 210gr, 230gr, 260gr, dan 310gr.

4. BC Thick / BC Putih / Linen Putih / Cream

Jenis kertas ini lebih variatif. Karena selain permukaannya memiliki tekstur, warna yang tersedia pun cukup banyak. Kertas ini lebih mirip dengan kertas gambar (buku gambar). Kertas ini banyak digunakan untuk stofmap, kartu stok barang, untuk jilid lakban, dan juga sertifikat. Gramasinya mulai dari 160gr, 250gr, 220gr

5. Krungkut / Glossy

Ini adalah salah satu jenis kertas foto yang biasa dipakai di percetakan. Karakteristiknya glossy dengan gramasi 220gr. Hampir mirip dengan kertas Glossy namun kertas glossy lebih tipis yaitu 150gr.

6. Stiker Chromo / Vynil / Transparan Ini adalah jenis kertas untuk mencetak stiker. Perbedaannya hanya di ketebalan dan penggunaannya. Stiker chromo adalah yang paling tipis yaitu 150gr dengan tipe glossy. Vynil memiliki ketebalan 210gr dengan tipe matte (doff), memiliki kelebihan yaitu warna lebih hidup, tahan lama walaupun penggunaannya di outdoor dan tidak mudah tergores. Stiker Transparan adalah stiker yang tembus pandang dengan ketebalan 210gr.

7. Kalkir Kalkir adalah kertas dengan ketebalan 80gr dan bertipe vellum. Kertas ini cocok untuk mencetak grafik, gambar peta, ataupun id card. Itu adalah beberapa jenis kertas dan penggunaannya yang sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Jadi sekarang kamu jadi tau kan kalo kertas itu bukan hanya HVS doang? Hehe.

Berita Terkini

JENIS KERTAS DAN PENGGUNAANNYA

Saat ini kertas masih sangat dibutuhkan dalam berbagai macam keperluan. Baik saa. Selengkapnya..

ADMIN - 17 JULI 2018
APA SIH MESIN BARU IMPERIAL - OCE VARIO PRINT 115 ?

Halo guys, Imperial Digital Printing barusan nambah mesin baru lho.. Nama mesi. Selengkapnya..

ADMIN - 14 JANUARI 2019

Video Kami